web analytics
Menu Tutup

Reka Jurnalistik Gelar Pelatihan Teknik Penulisan dan Penyampaian Berita

Untuk memeriahkan tren Menolak #rebahan yang sedang ramai akhir-akhir ini, Reka Jurnalistik Racana Soedirman mengadakan acara Pelatihan Jurnalistik I bagi anggota Racana Soedirman. Mengingat masih pandemi Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui media google meet, Sabtu (17/04/2021).

Ketua Dewan Racana Putri, Kak Rizky Millynia Yanuar mengatakan saat ini ditengah Pandemi banyak anak suka rebahan. Rebahan dapat diartikan sebagai tidur santai dan bermalas-malasan di kasur dan cenderung malas melakukan kegiatan lainnya. Untuk mengurangi kemalasan tersebut Dewan Racana Soedirman mengajak anggotanya untuk bekegiatan positif dengan mengikuti Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih anggota Reka Jurnalistik pada khususnya dan anggota Racana pada umumnya, dalam hal penulisan dan penyampaian berita.“Mengingat di era digital ini begitu rawan dengan penyebaran hoax serta ujaran kebencian, dengan penulisan berita positif diharapkan dapat mengurangi berita hoax,” katanya.

Milly menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu, tahap pertama merupakan penyampaian materi teknik penulisan dan penyampaian berita dengan narasumber Kak Parsito Sekretaris Bidang Humas Kwarcab Banyumas. Tahap kedua merupakan praktek penyusunan berita yang dipandu oleh Kak Egi Bachtiar selaku moderator.

Dari kegiatan ini, selaku narasumber Kak Parsito berharap agar Anggota Racana Soedirman dapat menjadi pelopor dalam gerakan anti hoax dan bisa teliti dalam menerima dan membagikan informasi. “Saat ini informasi begitu cepat, terkadang informasi itu terlihat bagus, sehingga kita ingin ikut menyebarkan. Untuk itu saya berharap sebagai anggota Pramuka kalian harus pandai memilih dan memilah informasi jangan ikutan-ikutan menyebarkan karena itu kemungkinan hoax, cukuplah informasi itu berhenti di hpmu” pesan Kak Parsito.

Racana Soedirman!
Kita Satu, Tetap Jaya.