web analytics
Menu Tutup

Upgrade Kualitas Diri dalam LEMEC 2017

 

Purwokerto (14/05). Racana Soedirman Universitas Jenderal Soedirman sebagai wadah pembinaan dan pengembangan watak bagi generasi muda, yang mempunyai tanggung jawab besar dalam mencetak kader–kader penerus pembangunan dan perubahan di masa depan agar tercipta sosok manusia yang mandiri, bertanggungjawab dan siap hidup serta mengabdikan diri pada masyarakat. Maka dari itu, diperlukan kegiatan yang bisa menjadi wadah untuk membina watak dan memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen yang diharapkan bisa diterapkan dalam masyarakat secara nyata. Racana Soedirman telah sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan tahun 2017. Leadership and Management Course atau biasa disingkat LEMEC merupakan salah satu pelatihan wajib bagi anggota Racana Soedirman, baik anggota baru maupun anggota lama yang belum pernah mengikutinya. Program kerja yang bersifat wajib tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 11-14 Mei 2017 bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan UPT Bahasa UNSOED. Peserta yang berjumlah 28 orang sangat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan.

Pelatihan LEMEC 2017 ini diketuai oleh Kak Fendi Trigono dan mengusung tema “Membentuk Pramuka yang Berjiwa Pemimpin, Tangguh dan Tanggap”. Berbekal mental dan persiapan yang mantab dari Reka Kerja serta bekerjasama dengan tim Instruktur Muda, kegiatan ini berhasil dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Hari Kamis-Jumat (11-12/05) bertempat di Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan UNSOED, semangat yang luar biasa dari peserta mengikuti materi, Public Speaking, Mengenal Diri, Mendengarkan Aktif, Berbicara Efektif dan Analisis SWOT, Managemen Organisasi, Kepemimpinan Efektif, dan Manajemen Waktu. Hari Sabtu-Minggu (13-14/05) bertempat di UPT BAHASA UNSOED, dimana materi yang disampaikan yaitu Berpikir Prestatif, Managemen Konflik, Teknik Negoisasi, dan Keprotokolan serta diakhiri Outbound. Kegiatan Outbound bertujuan untuk mengaplikasikan materi-materi yang sudah didapatkan dalam bentuk permainan.

 

 

Ryan Sofiandi (pemangku adat) “kegiatannya sangat menyenangkan dan juga sebagai ajang untuk pencarian pemimpin, serta harapannya seluruh peserta dan Reka Kerja supaya menjadi pemimpin yang tangguh, dapat dipercaya dan dapat bertanggungjawab”.

Diakhir kegiatan pelatihan LEMEC 2017, ditutup dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada peserta tergiat putra dan putri yaitu Dhika Sulistiyo dan Nunung Nurjanah, dimana  penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang aktif dan berprestasi dalam pelatihan LEMEC 2017. Selain itu, melalui pemberian penghargaan tersebut diharapkan peserta mampu menumbuhkan semangat dan jiwa kompetitif dalam mengukir prestasi. Hal ini yang selalu menjadi kebiasaan  baik Racana Soedirman disetiap kegiatan yang dilaksanakan.