web analytics
Menu Tutup

Pramuka Terampil dan Berkualitas dalam Pengabdian Tanpa Batas

 

Purwokerto (22/02). Sebagai wadah pengembangan dan pembentukan karakter Tri Satya dan Dasa Darma, Racana Soedirman mengadakan pelatihan dasar teknik kepramukaan bagi anggotanya. Gladian Teknik Kepramukaan atau yang biasa disebut GLATEK merupakan salah satu pelatihan wajib bagi anggota Racana Soedirman, baik anggota baru maupun anggota lama. Program kerja yang bersifat rutin tersebut telah sukses terlaksana pada Senin-Rabu, 20-22 Februari 2017.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada pelatihan wajib ini, peserta dibekali materi-materi teknik kepramukaan beserta simulasinya. Galtek 2017 ini diketuai oleh Kak Siti Munawaroh dengan mengusung tema “Pramuka Terampil dan Berkualitas dalam Pengabdian Tanpa Batas”. Peserta pelatihan Glatek 2017 diikuti oleh 33 orang yang merupakan anggota baru dan anggota lama.

 

Berbekal persiapan mantap dari Reka Kerja serta kombinasi kerjasama yang harmonis antara Reka Kerja dan Instruktur Muda, kegiatan ini berhasil dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan. Bertempatkan di Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman, pelatihan Glatek 2017 ini diisi dengan materi-materi teknik kepramukaan yang disampaikan oleh Instruktur Muda Racana Soedirman. Dimulai dari hari Senin (20/02) semangat membara peserta mengikuti kegiatan Penghayatan Upacara Siaga, Penegak, dan Penggalang, Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Disusul materi hari kedua yaitu materi Tali Temali, Menaksir, Pesan Isyarat dan Sandi, Perpetaan, serta pelaksanaan Penghayatan Upacara Api Unggun di malam harinya. Suasana hikmat menyelimuti disaat pelaksanaan upacara unggun dimulai. Alunan musik saat pensi memeriahkan keheningan malam dan menyatukan persaudaraan antarpeserta.

Berbeda dengan dua hari sebelumnya yang diisi dengan materi, pada hari ketiga peserta Glatek 2017 diajak berbaur dengan alam melaui kegiatan Simulasi Pesta Siaga dan Wide Games. Selain itu, sebelum upacara penutupan dimulai, peserta diasah pengetahuan kepramukaan mereka diajang Lomba Cerdas Tangkas Kepramukaan (LCTK).

 

“Dari pelatihan Glatek diharapkan perserta dapat meyerap materi tentang teknik kepramukaan yang nanti akan diaplikasikan di SD binaan Racana Soedirman”, ucap Kak Toni selaku Ketua Dewan Racana.

Dipenghujung pelatihan Glatek 2017 ini ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada anggota tergiat yaitu Doni Damara Triswidiyan dan Kurnia Ulfah Priyani. Tujuannya yaitu sebagai bentuk apresiasi kepada peserta yang aktif dan berprestasi dalam pelatihan Glatek. Selain itu, melalui pemberian penghargaan tersebut diharapkan peserta mampu menumbuhkan semangat dan jiwa kompetitif dalam mengukir prestasi.