web analytics
Menu Tutup

Ksatria Soedirman Tertib Administrasi

 

Purwokerto (20/03). Racana Soedirman Universitas Jenderal Soedirman sebagai wadah pembinaan dan pengembangan karakter Tri Satya dan Dasa Darma kepramukaan telah sukses menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kesekretariatan tahun 2017. Kesekretariatan atau yang biasa disingkat dengan KESTARI merupakan salah satu pelatihan wajib bagi anggota Racana Soedirman, baik anggota baru maupun anggota lama yang belum pernah mengikutinya. Program kerja yang bersifat rutin tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 17-19 Maret 2017 bertempat di Fakultas Peternakan dan Pusat Administrasi UNSOED. Peserta yang berjumlah 32 orang sangat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan.

 

Pada pelatihan wajib ini, peserta dibekali materi-materi Administrasi mulai dari surat menyurat sampai dengan pembentukan kerekakerjaan atau kepanitiaan dalam Racana Soedirman. Pelatihan Kestari 2017 ini diketuai oleh Kak Lisa Purwandari dan mengusung tema “Administrasi Rapi Karena Kita Terlatih”.

Berbekal mental dan persiapan yang mantab dari Reka Kerja serta bekerjasama dengan tim Instruktur Muda, kegiatan ini berhasil dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan. Bertempat di Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, pelatihan Kestari 2017 ini diisi dengan materi-materi Administrasi Racana Soedirman yang disampaikan oleh instruktur muda dan Alumni racana soedirman. Dimulai dari hari Jumat (17/03) semangat yang luar biasa dari peserta mengikuti materi Administrasi Satuan, Perkap Kantor dan Inventarisasi, Surat Menyurat. Dihari kedua materi yang disampaikan oleh instruktur muda antara lain Tata Alur dan Ekpedisi, Kesekretariatan Reka Kerja, Sistem Perencanaan,Pemrogaman, Anggaran / Proposal (SPPAP), Press Release, dan ditutup dengan materi Sistem Pelaporan.

 

Hari ketiga merupakan Simulasi Kesekretariatan, berbeda dengan hari pertama dan hari kedua, pelaksanaan simulasi dihari ketiga dilaksanakan di Gedung Administrasi Pusat Universitas Jenderal Soedirman dan sekitarnya. Peserta simulasi pelaksanaan kesekretariatan 2017 ini sangat antusias, karena mereka bisa secara langsung mempraktekan bagaimana alur administrasi di racana soedirman. Pelaksanaan simulasi dibagi menjadi 9 pos, dimana setiap pos tersebut adalah alur bagaimana surat atau proposal yang akan dikirim ke pihak luar atau pihak rektorat. Suasana santai dan serius dari para peserta membuat reka kerja serta instruktur muda semangat untuk membimbing mereka, dan membuat optimis bahwa kegiatan akan berjalan dengan lancar.

“Dari pelatihan Kestari diharapkan peserta dapat menyerap materi tentang Administrasi dan nantinya dapat diaplikasikan di berbagai macam kegiatan yang ada di Racana Soedirman, dan diharapkan loyalitas yang tinggi pada Racana Soedirman”, ucap Sultoni Yakub selaku Ketua Dewan Racana Soedirman dalam upacara penutupan kestari 2017.